Cara membuat pakan lele alternatif untuk menghemat biaya

Pakan lele - salah satu hal penting dalam budidaya ikan lele, tidak lain adalah pakan. namun karena sebagian bahannya diimpor, sehingga harga pakan menjadi cukup mahal. namun untuk menghemat biaya pakan, tentusaja membuat pakan alternatif.

Disini kita akan membahas cara pembuatan pakan alternatif juga sebagai substitusi pakan produk pabrik. ada dua jenis pakan alternatif yang akan diuraikan di sini, yaitu pakan dari bahan-bahan utama dan pakan yang memanfaatkan bahan sisa-sisa.

Pakan dari bahan utama dibuat dengan bahan yang mengandung nutrisi yang diperlukan ikan lele. adapun pakan tambahan bisa diperoleh dari bahan bahan organik sisa atau harganya terjangkau serta mudah didapatkan

pakan lele

Nutrisi yang terkandung dalam pakan

Pakan lele yang berkualitas wajib memenuhi rasio pemberian pakan dengan penambahan berat tubuh kurang dari 1 (Feed Conversion Ratio/FCR>1). maksudnya, setiap memberi pakan 1 kilo gram akan meningkatkan berat tubuh sebanyak 1 kg. artinya makin kecil rasio FCR-nya, makin baik pula pakannya.

Penyediaan pakan lele sebagai makanan utama harus mengandung nutrisi yang lengkap. yaitu didalam pakan terkandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin serta mineral. karena protein bermanfaat sebagai sumber energi utama. karna ikan lele merupakan salah satu jenis ikan karnivora, jadi ikan lele memerlukan protein yang tinggi, kira kira 35 % dari bobot pakan.

Cara pembuatan pakan lele alternatif

Pakan alternatif pengganti pelet bisa kita buat dari beragam bahan. bahan utama membuat pakan altelnatif paling dominan, adalah tepung ikan. karena didalamnya terkandung protein yang tinggi dan gizi lainnya. sayangnya harga tepung ikan lumayan mahal, maka dari itu kita akan meraciknya dengan bahan lain yang pastinya harga lebih terjangkau tanpa menurunkan protein yang dibutuhkan

Pakan alternatif yang akan dibuat tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan standar ikan lele supaya berkembang lebih baik juga cepat. Jadi, banyak sekali bahan alternatif yang dapat kita gunakan, Sebaiknya kandungan protein harus menjadi acuan dasar. Dibawah ini tabel bahan-bahan serta kandungannya dalam satuan persen (%):

pakan lele alternatif

Misal saja, kita akan meracik pakan lele dari campuran 50 kilo tepung ikan (kandungan protein 62,9%) dengan 50 kilo dedak halus (15,58%), apakah campuran tersebut memenuhi kebutuhan protein ikan lele?
  1. Jumlah protein dalam tepung ikan = 62,9% x 50 kg = 31,45 kg
  2. Jumlah protein dalam dedak halus = 15,58 x 50 kg = 7,79 kg
  3. Jumlah keseluruhan protein dari campuran tepung ikan dan dedak halus = 39,24 kg
  4. jadi dari total bobot bahan baku 100 kilo gram didapat protein 39,24 kg atau 39,24% dari adonan tersebut adalah protein. Tentunya ini sudah memenuhi untuk pakan lele yang mana minimal terdapat kandungan protein kasar sebanyak 30%.
  5. Supaya memperkaya nutrisi yang terkandung, kita dapat menambahkannya dengan berbagai vitamin ikan yang bisa kita dapat di pasaran.
Sumber : alamtani.com